Latest News

Pelajaran Hidup

Bismillah. Slamat malam semua. Ane pengen share tentang sesuatu nih. Mungkin ini bisa dibilang pelajaran hidup kali ya... Bukannya so puitis, so romantis, atau so dramatis. Tapi bukan pula ana orang yang pintar, yang bisa segalanya, dan tahu semua. Tapi saya punya beberapa pandangan dalam menilai dan memaknai hidup yang sangat singkat ini. Hehe...

Hidupku terasa coklat......
Kalau ingat coklat, saya pribadi ingat akan manis yang diciptakan dari rasa yang dikeluarkan makanan yang paling digemari anak-anak ini, yang tua-tua juga mungkin suka. Coklat mempunyai karakter kuat dan extra ampuh untuk memberikan kesan enjoy dan segar bagi para konsumennya.

Jika dikaitkan dengan kehidupan, sebenarnya hidupku ini simpel banget deh. Saya hidup, memberi arti atau tidak pada orang lain, dan nanti saya sendiri yang akan merasakan. Syukur-syukur kalo orang lain terpengaruh baik dengan hadirnya saya dilingkungan mereka, bagaimana ceritanya kalo orang lain justru merasa risih dengan hidupnya saya?? Idih.. Siapa yang mau coba???

Oke lah, berarti tugas saya sekarang adalah memberikan kontribusi positif demi kemaslahatan orang lain, yang tidak hanya maslahat bagi diri saya sendiri. Mmm.. Tugas yang susah. Kenapa? Karena tidak semua orang itu suka pada kita. Istilahnya kalo orang itu selalu mendapatkan penilaian 3 dari orang. Tiga poin itu didapat dari orang yang senang dengan kehadiran kita, tiga yang lain dari orang yang membenci, dan tiga akhir dari yang acuh dengan adanya kita. Loh, satunya lagi mana??? Itu absolut milik Allah, yang gamungkin dimiliki orang lain.

Makanya, hidupku itu pengen banget kayak coklat. Digemari orang-orang tak kenal umur, kelas sosial, ras, marga, dan lainnya. Intinya kita hidup bener-bener dibutuhkan orang lain.

The Sweet Couple makes Sleepy...
Lah lah.. Istilah apa itu?? Sweet Couple makes Sleepy... Yaa.. Bahasa Inggrisku jelek sih, pengen so’ jago, padahal ora iso. Haha...

Ceritanya sih pas saya masih lucu-lucunya (jiaahhh :p) punya pasangan yang saya bangga-banggakan, yang saya cintai (cieeee..), yaah yang segalanya deh. Itu ketika masih didunia pesantren, maklum anak nakal, jadi wajarlah kenal bener dengan istilah COUPLING itu. Berpasangan.

Iyah loh, kalau kita berpacaran dunia itu serasa milik kita, hal itu ternyata bukan isu semata, saya merasakannya. Dan mungkin bagi yang belum pernah mengalami pacaran, kasian deh lu. Haha... Tapi tenang dulu, jangan marah gitu dong!!! Belum beres nih.

Seiring berjalannya waktu, bertambah umur, fisikpun semakin renta (haha.. Tua banget gw!!) pola pikir saya pun berkembang. Ternyata sweet couple itu tidak lebih dari sekedar tipuan. Yah tipuan, makanya bikin saya sleepy atau mengantuk.

Taulah kalo orang ngantuk gimana?? Dia pengen tidur, Cuma masih ketahan sesuatu gituh. Kalo para mahasiswa ngantuk dikelas, ditahan, itu karena masih waktu belajar. Dan tidak jarang pula tertidur dikelas. Karena itu waktu yang paling tepat. Haha...

Begitupun kalo pacaran, orang pacaran itu kayak yang lagi ngantuk, kerasa nikmat memang kalo diteruskan, namun kalo dibangunkan marahnya minta ampun. Ia ga?? Kalian kalo diganggu pacaran, marah ga??

Jadi ya gitu, orang pacaran tidak lebih dari perbuatan yang bikin ngantuk, males ngelakuin apa-apa selain tidur.. Males buat ketemuan selain sama pacar, males ngobrol selain ama pacar...

Terus ada yang bilang... “Saya pacaran, enjoy aja tuh ngobrol sama temen”, haha... Mungkin ia, tapi kalo nggak ngobrol sama pacar mampu ga?? Jangan pacaran dah kalo gamau ngobrol ma pacar. Haha....

Sudah-sudah.. Saya bukan dan tidak menyindir para pelaku pacaran. Silahkan saja tanya pada hati masing-masing, bagus atau tidak... JUJUR ya...

Mama... Jangan tinggalkan aku!!!
Hayoh.. Siapa disini yang tidak sayang mama??? Orang tua sih sebenernya, Cuma saya ungkapkan dengan istilah mama aja, yaya... Bukan berarti papa tak disebutkan. Terserah dah mau panggil mama atau papa, yang penting saya pengen panggil mama. Hak perogatif gue dwong. Hahah...

Yah, mama memanglah orang super yang pernah kita punya, rasanya tidak ada orang lain yang sebaik, seperhatian, sesayang kita daripada orang lain. Pacar?? Kalah sama mama. Sahabat?? Apalagi. Teman?? Gamungkin. Ato siapa lagi lah yang lebih sayang kita selain mama??

Kamu tahu apa yang paling diinginkan orang tua dari anaknya?? Bukan harta ataupun tahta. Bukan pula nyawa ataupun jiwa. Yang mereka inginkan hanyalah akhlaq dan martabat kita yang tak melesat, tidak sesat, dan selalu ingat pada dzat yang maha penerima Taubat. (Haha... Indah banget syair nya ya) .

Serius loh. Orang tua ga pernah memikirkan anaknya membayar biaya hidup sampai masa mandirinya. Gapernah ada. Kalaupun ada, mau membayar berapa?? Gapernah sanggup. Kamu tahu, mama kalo lagi ngandung kita, kesusahannya minta ampun. Makan ga enak terus karena mual-mual, tidur harus tetap terlentang (karena badannya kan gede, isi kita), maaf, buang air susah segalanya, belanja ke pasar beratnya ampun dah; apalagi kalo anaknya kembar. Masya Allah, betapa mahalnya penghargaan seorang ibu. Hanya tentang mengandung saja. Belum lagi biaya kalo kalian sakit, biaya baju kalian, biaya makan kalian, biaya sekolah kalian, dll. SANGGUP??? HAH???

Dan kalian tahu apa yang paling orang tua benci dari kita?? Mereka sangat benci kita menjauhi Tuhan. Mereka benci kita lupa sholat, kita lupa shodaqoh, kita jauh dari Tuhan, kita pelit pada orang, kita hina dimata orang, mereka tidak mau kita seperti itu. Apa pernah kita disuruh melakukan perbuatan keji?? Apa sering orang tua membuat kita marah?? Atau kita yang membuat mereka marah??? Berfikirlah!

Orang tua rela memberikan seluruh hartanya demi kelancaran hidup anak-anaknya. Rela menghabiskan tabungan untuk biaya pendidikan. Selalu memberikan kita makan sebelum anak-anaknya makan. Bahkan mereka rela memberikan kita selimut ditengah dinginnya malam yang mencekam. Terus memantau kita apabila kita sakit walaupun hanya batuk-batuk saja. Terus mendo’akan setiap malam demi kebaikan dan kebahagiaan anaknya.
Astaghfirullah..... Ya Allah. Sayangilah kedua orang tuaku sebagaimana mereka menyayangiku ketika aku masih kecil. Don’t leave me Mom!!!

Turuti orangtuamu...
Udah-udah... Jangan terus melamun kayak gitu... Lebih baik kita lanjutin aja yah. Hehe...
Memang sih pas saya nulis ini, sedih banget rasanya. Air mata ini tak berhenti menetes dari kuping saya (Loh kok...??). Iya la, siapa yang tidak sedih memikirkan jasa-jasa orang tua yang takkan terbalas itu? Mana bisa kita menebusnya?? Ya kan??

Sekarang, yang menjadi PR kita adalah menuruti apa yang diinginkan orang tua.
Mmm.. Sedikit ribet sih, namun saya punya gambaran umum tentang apa yang orang tua inginkan dari kita. Sedikit ngobrol dengan mereka merupakan jalan ampuh untuk kita tahu mereka mengharapkan apa dari kita. Ya itung-itung mendekatkan diri juga kan?? Jadi anak tu jangan sombong dah ke orangtua. Dosa.

Seperti yang udah disinggung diatas, orang tua tu pasti menginginkan yang terbaik buat anaknya. Selalu mengusahakan apa yang diinginkan oleh anaknya. Namun kadang anak-anak yang bandel dan ngeyel. “Pah, Mau motor”, tapi belum dikasih, malah aksi mogok makan, mogok nanya, dan mogok sekolah. Apa apaan itu??

“Mah, minta laptop”, “tapi mama belum ada uang nak”, eh si anak malah aksi seribu air mata – nangis – idih ko gitu sih?? Ya mungkin kalo anak SD atau SMP wajar lah, tapi ini SMA loh. Masa gitu juga?? Ga malu apa?? Anak yang sudah beranjak dewasa haruslah lebih bijak dalam meminta yang diinginkan dan yang dibutuhkan. Kadang kita itu terjebak pada hal yang hanya diinginkan saja, bukan benar-benar yang dibutuhkan. Padahal kita itu harus mendahulukan yang dibutuhkan.

Mari berfikir...
Kalau anak minta motor, alasannya buat gampang sekolah. Lihat jarak yang ditempuh, kalo Cuma bisa naek angkot sekali atau dua kali, gausah minta yang nggak nggak. Paling anaknya itu Cuma pengen pamer doang ke temen-temennya.

Kalau pengen hape, wah.. anak SMA ke bawah, kalo minta hape yang lebih canggih, buat apa sih?? Toh fungsi hape paling inti kan telepon dan sms. Kalo pengen ada poto, musik, malah pengen ada musholanya (haha).

Jadi gini kawan, intinya jangan minta yang nggak-nggak deh. Kasian orang tua. Mending kalo orang tua kalian tajir, banyak duit; lah kalo pas-pasan?? Sanggup liat kesedihan dimata orang tua?? Ya ampun. Tega kalian yah..

Intinya, orangtua bukannya gamau ngasih kalian motor, hape, leptop atau apalah ke kalian, Cuma mereka itu penuh perhitungan. Kalo dibeliin motor, ntar si kaka bakalan sering maen ga ya?? Kalo dibeliin hape, bakal sering telpon-telponan ga ya?? Kalo dibeliin leptop, bakal sering maen game ga ya?? Jadi ga semua penundaan itu tanda orang tua tidak sayang kalian, justru karena mereka sayang kalian, agar tidak terjebak dengan rayuan orang mampu.
OK..

Nah, setelah menyimak tulisan tadi, mungkin rekan-rekan sedikit termotivasi untuk menjadi orang yang bijaksana lagi dalam bertindak dan berbuat, ya kan??? Atau nggak terpengaruh sama sekali?? Hadoohh.. (kesalahan bukan pada kalian berarti, pada penulisan ini mah) yaudah. Kritik dan saran saya harapkan dweh... Silahkan komentar, dengan bahasa yang tidak provokatif ya...

on Thursday, December 22, 2011 at 12:02am di Kosan Cipambuan, Sentul City.....

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar menggunakan bahasa yang baik dan sopan. Terimakasih sudah berkunjung.

Template designed by Templateism.com | Copyright © Nineteenboy Blog

Powered by Blogger.