Latest News

Selektif dalam Broadcast Message BlackBerry

Selektif dalam Broadcast Message BlackBerry

Maraknya pengguna aplikasi BlackBerry Messenger (BBM) baik di android, ios, maupun device BB itu sendiri menjadikan penggunanya dituntut untuk bisa selektif dalam Broadcast Message BlackBerry (BC). BC merupakan salah satu fitur yang kerap kali digunakan untuk promosi, informasi, dan yang lainnya. Namun perlu dipertimbangkan dengan konten/isi BC itu sendiri.

Dengan kelebihan fitur tersebut, kerap digunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab untuk menyebarkan berita hoax (bohong) yang akan menguntungkan satu pihak saja. Maka dari itu, jangan asal broadcast, kawan.

Untuk gambaran dari BC yang “aneh” dan jangan di “forward” oleh kita bisa dilihat disini:
·           Broadcast Message bersifat ancaman bila tidak mengirimkan kembali (forward)
1.       Ancaman BC akan ada seseorang yang meninggal dunia. Keren sekali yah, Cuma gara-gara BC bisa bikin orang mati. Jadi ga perlu lagi ke dukun untuk “nyantet”, cukup jangan kirim BC, bakal ada yang kena.
2.       Ancaman akan membuat kita sial. Ini namanya “khurofat”, perbuatan mendekati musyrik. Hati-hati loh.
3.       Ancaman yang dimulai dari nazar tanpa disengaja. Terkadang jenis BC ini sering membuat kita kesal. Betapa tidak, dengan pesan yang panjang, lalu ditengah-tengah pesan tersebut ada tulisan “saya bernazar akan menyebarkan BC ini kepada seluruh kontak saya, bila saya tidak melakukannya maka saya rela bla bla bla….”. Ini kan enggak banget. Nazar itu harus dari hati, harus disengaja, bukan paksaan kek gitu.

·           Mendapat keberuntungan
Terkadang ada juga BC yang bersifat memberi keberuntungan bila di forward. Bila benar adanya, seharusnya makin berkurang orang yang menganggur, karena hanya dengan mengirim BC sudah bisa mendapatkan keuntungan.

·           Merubah sistem
Ada juga pihak yang memanfaatkan pengguna BBM – karena ketidak-tahuannya – untuk forward BC, apabila tidak dilakukan maka bisa merubah sistem pada device kita. Seperti “bla bla bla…... Kirim BC ini kepada seluruh kontakmu, atau BB kamu bakalan rusak”. Coba fikir kembali, perusahaan sekeren BlackBerry tidak memberitahukan terkait keamanan sistem melalui sumber terpercaya (web resmi perusahaan), itu ga mungkin banget. Ini kan terkait perusahaan besar, dan produk juga jasa mereka. Kalo ada yang kurang atau salah dalam sistemnya, maka mereka pasti kasih tau penggunanya melalui web resmi, BUKAN dari BC.

·           Merubah tampilan atau konfigurasi lain
1.       BC bakalan merubah atau menambah icon pada BBM. Ini juga suatu keanehan dari pesan BC tak penting. Betapa tidak, sebuah perangkat keras atau lunak bisa upgrade BUKAN dari sebuah pesan (BC), tapi PASTI melalui sebuah update firmware, masa “ujug-ujug” terupdate gara-gara BC. Dan yang lebih ngeselin lagi, BC itu bilang bakal ngerusakkin hape kalo kita ga BC lagi. Hadeuh.
2.       BC juga bisa membuat daya baterai bertambah, bahkan hingga full capacity. Sebuah daya bisa bertambah itu HANYA dengan proses charging. Bukan BC. Pinter dikit lah!

·           BC PIN temen
Satu lagi yang mungkin sering buat saya pribadi kesel. Kalo ada tiba-tiba pesan masuk berupa BC pin BBM temen kita. Duh, males deh. Menurut ane, orang yang ngeBCin PIN temen kita itu:
1.       Dipaksa temen. Kita ga mau emang buat BC pin, tapi temen kita maksa dengan wajah memelas. Ya terpaksa deh kita BC PIN temen kita.
2.       Hapenya dibajak. Kadang kita juga punya temen yang suka ngorek hape kita tanpa diketahui, tau tau hape kita udah berubah DP, PM, atau udah BC pin dia tanpa sepengetahuan kita. Duh.
3.       Harus bohong dengan bilang “hey, invite pin temen aku ya, pin-nya bla bla bla, orangnya baik, pinter, ga sombong, cantic/ganteng, bla bla bla…” entah keadaan tersebut benar adanya, namun lebih cenderung diada-adakan, tidak sesuai fakta.
4.       Orang yang bersangkutan tidak terkenal. Mungkin kontak BBM di hape dia sedikit, jadi pengen (seolah) terkenal, maka dia butuh BC PIN melalui temennya. Pake akun sendiri bisa kali ya… Atau share aja pin kalian di akun sosmed, ga perlu pake akun temen kalian. Malu-maluin.
5.       Iseng. Hah? Iseng? Hallooww. Entahlah harus bilang apa. Bagi ane, pin bbm itu kayak no hape. Ga harus kita umbar kemana-mana, cukup orang yang bener-bener kita kenal aja yang punya kontak kita. Privasi harus tetep dijaga, biar kalo ada apa-apa kita ga takut atau risau lagi. Bayangkan kalo kontak BBM kita 70% orang yang tidak dikenal di dunia nyata, lalu kita punya salah karena telah BC yang aneh-aneh, maka minta maafnya akan enak. Kalo orang yang tak dikenal, bakal dengan mudah DC kita.

Selain dari alasan diatas, sah-sah saja kalian untuk menggunakan fitur BC dengan konten yang baik. Saya juga termasuk orang yang menikmati fasilitas BC dari BBM, tapi tidak dengan hal-hal diatas. Pergunakanlah fitur tersebut dengan baik dan bijak.

Come on. I don't think I need to explain it anymore. PINTER DIKIT gak ada salahnya. Sorry sudah ganggu waktu kalian, tapi saya bener-bener ngerasa perlu untuk nulis ini dan ga tahan sama “norak”nya kalian pengguna smartphone, tapi usernya tidak smart. Bila kalian setuju, tolong share tulisan ini. Thanks.

Jika ada yang marah itu berarti NGERASA kesindir. Gue share karena gue setuju bangeettt.

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar menggunakan bahasa yang baik dan sopan. Terimakasih sudah berkunjung.

Template designed by Templateism.com | Copyright © Nineteenboy Blog

Powered by Blogger.